Syahenna Design

Jumat, 24 Juni 2011

Berbagai Macam Motif Henna dari Belahan Dunia

Henna Designs

Bentuk seni pacar atau mehndi bervariasi secara signifikan dari daerah ke daerah. Memvariasikan desain memiliki arti yang berbeda bagi anggota masing-masing kebudayaan, seperti kesehatan baik, kesuburan, kebijaksanaan, perlindungan dan pencerahan spiritual. Berbagai nuansa Henna yang diperoleh dengan mencampurkan pasta dengan daun dan buah tanaman lainnya, seperti nila, teh, kopi, cengkeh dan lemon. Ketika digunakan dalam seni tubuh dekoratif, gula dan minyak juga ditambahkan ke campuran untuk memperkuat warna dan umur panjang desain.

Henna Designs Untuk Tangan

Sebuah desain tangan penuh, baik telapak tagan atau punggung tangan dengan bantuan pasta henna selalu terlihat trendi. Sementara desain henna arab biasanya besar, pola bunga di tangan, India mehndi melibatkan halus, garis tipis untuk pola berenda, bunga dan paisley menutupi seluruh tangan dan lengan juga. Pola pacar paling tradisional didasarkan pada bentuk yang sangat sederhana,lingkaran, segitiga dan garis yang paling dasar. Bentuk-bentuk ini dapat dikombinasikan untuk menciptakan pola yang sangat rumit dan sangat indah di telapak tangan.


Para Henna Artist 
desain berbagai bentuk dimaksudkan untuk tangan, termasuk bentuk bunga lengkungan, bunga bersih, jalan berbunga-bunga, teratai beruntung, daun dll. Sementara rantai menghias seluruh tangan, seorang Henna Artist dapat mulai mendesasin henna di mana yang paling nyaman atau mudah dibentuk, tergantung pada desain. Titik awal umum adalah garis tempat jari-jari tikungan yang berbatasan dengan telapak,pergelangan tangan, atau pusat telapak tangan. Hal ini biasanya paling mudah untuk memulai dengan menutup telapak tangan, dan kemudian dilanjutkan dengan jari.


Henna Designs Untuk Kaki

Henna desain dilakukan pada kaki, melibatkan lukisan yang cantik dan rumit dengan pola dan dengan pewarna yang terbuat dari daun henna (pacar). Gaya Timur Tengah sebagian besar terdiri atas pola bunga diilhami oleh ukiran Arab, lukisan dan tekstil. Gaya casual biasanya tidak mengikuti pola tertentu. Gaya Amerika Utara menonjolkan bentuk kaki menggunakan pola bunga geometris. Desain India dan Pakistan yang paling rumit, bisa bentuk berulang paisley, garis pola dan air mata.


Beberapa desain yang populer untuk kaki termasuk bunga, sulur berdaun, dan bentuk-bentuk abstrak. Menerapkan desain henna pada kaki sedikit lebih sulit, tetapi dapat dibuat dengan mudah dengan sedikit konsentrasi. Biasanya, sisi atau bagian bawah kaki, yang dihiasi dengan blok warna pada ujung jari kaki

Henna Design Untuk Dekorasi Tubuh 

Henna Artist menghasilkan kreatifitas yang mencakup semua tren terbaru yang sedang booming, untuk memberikan berbagai motif. Dari  mawar kecil di bahu sampai tubuh penuh untuk motif. Tattoo telah membuat jalan mereka ke dalam kehidupan mainstream sebagai sebuah genre modern ekspresi artistik.




MACAM MACAM DESAIN HENNA

Henna dianggap sebagai salah satu kosmetik tertua di dunia, dan telah digunakan pada kulit, kuku dan rambut selama berabad-abad. menggunakan henna telah didokumentasikan sejauh 9.000 tahun yang lalu, yang sudah dimanfaatkan oleh beberapa kebudayaan termasuk: India, Mesir, Afrika, Sumeria, Timur Tengah, dan sepanjang Mediterania. Ini berasal sebagai bentuk merayakan kemenangan dan kesuburan oleh masyarakat kuno, melainkan juga digunakan dalam proses mumifikasi oleh orang Mesir kuno. Henna digunakan oleh tokoh-tokoh sejarah terkenal dan termasyhur termasuk: Ratu Sheba, Nefertiti, Fatima, dan Cleopatra.



Menurut latar belakang budaya yang berbeda, motif henna dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Desain yang paling terkenal adalah desain dari India, Arab, Pakistan, dan Afrika. Desain- desain tersebut menjadi kiblat dari desain henna di seluruh dunia. Ada beberapa karakteristik yang membedakan motif-motif tersebut. Menurut sebuah situs jasa penyedia henna yang saya baca, ada beberapa ciri untuk membedakan motif-motif tersebut.

1. Indian Design

Desain henna india ini merupakan yang paling populer dari yang lain dikarenakan motifnya yang sangat beragam. Ada desain yang sederhana sampai desain yang sangat rumit. Desain Sederhana biasanya memiliki titik besar atau ‘tokoh’  di belakang tangan (dorsal) atau ditengah-tengah telapak tangan. Ujung-ujung jari biasanya juga tak luput. Desain tersebut bisa dibilang mudah, dan dapat diterapkan oleh para pemula. Indian mehdni desain juga bisa sangat rumit dan detail, sehingga dapat memakan waktu yang lama terutama untuk desain pengantin (bridal design). Contoh indian desain :




2. Arabic Mehndi Design

Berbeda dengan desain india, desain henna arab lebih sederhana. Ciri dari desain ara ini biasanya terdiri dari moti bunga, daun, dll. Ciri khas dari desain ini adalah  desainnya tidak memenuhi tangan dan hanya berupa motif garis-garis yang berisi (bold). desain ini cukup populer karna dalam pembuatannay tidak terlalu banyak menghabiskan henna, dan membutuhkan watu yang tidak lama untuk menunggu henna kering.  Contoh Arabic desain :




3.  African Design

Sejenis dengan Arabic desain, desain afrika ini juga tidak teralu berisi. Desain ini memiliki bentuk-bentuk geometris senderhana  yang terdiri dari garis, kotak, dan titik. Ruang antar garis-garis tidak serenggang desain arab. desain ini menutipi tangan dan lengan. desain ini bisa dibilang sederhana namun tetap cantik. Contoh desain afrika :





4. Pakistan desain

Desain pakistan mehni merupakan penggabungan versi rumit dari desain arab dan  indian. Dsain ini juga lebih rumit dan detail, serta biasanya digunakan oleh para pengantin. Biasanya anak-anak menggunakan desain sederhana dari dasain ini dalam perayaan Idul fitri. Contoh pakistan Design ;



Dikumpulkan dari berbagai Sumber, by Ulie Syahenna

10 komentar:

  1. waw....
    Bagus banget ya :)
    Info yang sangat bermutu ;) hoho

    BalasHapus
  2. akku juga mau
    tapi di daerah sini gak da yang bisa hias kayak gitu

    BalasHapus
  3. salam kenal...
    wah cantik-cantik ya ya motifnya ..
    kalau untuk pabrik kaos kaki wanita motif henna dimana ya....soalnya pengen nih..

    BalasHapus
  4. salam kenal.. cantik.
    infonya cantik sekali ...dan ternyata bayak juga ya cara untuk menghias tangan misalnya dengan henna...
    dan kalau untuk menghias kaki kita bisa pakai kaos kaki wanita motif henna..iya kan...

    BalasHapus
  5. Seneng bgt lihat desain henna di tangan itu, jadi pengen ikutan lukis tangan pake inai, tahun lalu kakak ipar yang orang Aceh pake inai pas nikah, kelihatan tambah cantik...

    BalasHapus
  6. Pengen bisa ngelukis tangan pake henna

    BalasHapus
  7. iffah najwa ulya . bagus banget pingin deh di henain insya allah saya bisa niru kalok saya sudah nikah nanti saya suruh orang yang udah profesional nanti saya suruh cetak nya kayak gitu terima kasih mbk pas pasan saya lagi nyari model henna yang bagus

    BalasHapus